Jumat, 27 Oktober 2017

Amanah Borneo Park, Tempat Wisata Edukasi dan Instagramble di Banjarbaru



Berbekal informasi dari internet dan melihat foto-foto di Instagram, pas mudik ke Banjarmasin kemarin aku menuntaskan rasa penasaran dengan tempat wisata yang lagi hits di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Namanya Amanah Borneo Park.


Amanah Borneo Park beralamat di Jl. Taruna Bhakti RT. 12 RW. 04 Kelurahan Palam, Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Alamatnya memang tidak di pusat kota, tapi sangat bisa dijangkau oleh kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Aku dan adikku ke sana mengandalkan GPS saja, kok. Pastinya tidak bakal kesasar. Hehe, ternyata adikku belum pernah ke sana. Tidak perlu takut terjebak macet karena jalan menuju Amanah Borneo Park lengang sekali. Aman pokoknya! Sayangnya, tidak ada angkutan umum untuk menuju Amanah Borneo Park.




Zaman sekarang, orang yang pergi ke tempat wisata bukan sekadar menikmati pemandangan, melainkan mencari objek bagus untuk berfoto plus bisa dijadikan wisata edukasi. Bisa menikmati pemandangan, foto-foto narsis, plus wisata edukasi, akan kalian temukan di Amanah Borneo Park.

Siang itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, aku dan adikku menyempatkan diri berkunjung ke Amanah Borneo Park. Sebenarnya tidak ada masalah sih mau berkunjung ke sana ketika siang hari. Di sana ada tempat penyewaan payung, lho. Jadi, jangan khawatir dengan cuaca panas, ya.  Kalau aku, sih, karena begitu bangga dengan kulit eksotis ini, tak patutlah pakai payung segala. :D


Memasuki kawasan Amanah Borneo Park, pengunjung disambut tugu Amanah Borneo Park yang tampak gagah sekali. Setelah memarkir motor, aku dan adikku langsung menuju tempat pembelian tiket yang berada tepat di dekat area parkir. Tempat pembelian tiket ini sangat unik dan cukup instagramable. Tambah penasaran, dong, bagaimana kondisi di dalamnya.



Hal pertama yang kulihat adalah spot foto dalam bentuk hati (love). Kayaknya ini spot yang tak pernah lekang oleh waktu dalam beberapa tahun ini, ya. Di banyak tempat wisata, hampir selalu ada area seperti ini. Pemandangan selanjutnya adalah kumpulan pot bunga yang didesain seperti sedang dituang dari tong besar. Instagramble lah buat foto-foto narsis.


Amanah Borneo Park merupakan taman rekreasi dan edukasi. Karena, taman ini dilengkapi wahana-wahana yang cocok untuk anak-anak. Ada Taman Lalu Lintas yang mengedukasi anak-anak tentang rambu-rambu lalu lintas. Ada Rabbit Park atau taman kelinci, yang berisi kelinci-kelinci. Taman kelinci ini sangat menarik karena dilengkapi sarang atau rumah kelinci. Anak-anak bisa bercengkerama dengan kelinci-kelinci imut nan lucu itu. Selain itu, ada juga wahana Tangkap Ikan dan fasilitas kereta untuk mengelilingi area Amanah Borneo Park.




Mau terapi dengan ikan-ikan? Nah, di Amanah Borneo Park juga disediakan wahana Refleksi Ikan atau terapi kaki dengan ikan-ikan kecil. Bagi yang pernah mencoba terapi ikan ini, pasti akan ketagihan. Konon, terapi ini bisa membuat sehat tubuh kita.  Untuk menguji adrenalin, Amanah Borneo Park juga menyediakan wahana jembatan goyang, flying fox, dan sepeda udara. Tentunya, permainan ini dilengkapi peralatan safety standar keselamatan yang lengkap, ya.



Amanah Borneo Park cocok sekali dikunjungi oleh semua kalangan usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika kalian bingung mau ke mana liburan yang asyik bersama keluarga dan sahabat, Amanah Borneo Park bisa jadi pilihan. Berapa bioaya masuk ke Amanah Borneo Park? Sebulan lalu aku ke sana sih harga tiket masuknya 20.000 rupiah/orang (dapat air mineral). Harga tiket itu belum termasuk harga tiket wahana, ya. Biar lebih hemat, beli saja tiket yang satu paket.




Tak perlu takut kelaparan karena di dekat taman berderet warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Sekarang Amanah Borneo Park terus melakukan pembenahan demi memuaskan para pengunjung. Kalau pengunjung sukanya tempat yang ramai, silakan berkunjung di akhir pekan. Tapi, kalau suka suasana yang agak lengang, silakan saja datang ke Amanah Borneo Park pada hari kerja (Senin-Jumat). Kemarin aku ke sana agak lengang. Hanya ada beberapa orang pengunjung dan serombongan anak-anak TK beserta guru dan orang tua.

3 komentar:

  1. Ini yang ke arah Mandiangin atau ke arah Pleihari itu, Kak? Wah bagusnya. Dl aku medrep area Banjarbaru sampe Martapura. Tp dulu Banjarbaru belum sekeren sekarang. Mendadak kangen bulik ih... Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naham, sudah lawas bgt gak ke mandiangin, lupa jalan. 😂 Ini dekat kota Banjarbaru aja, kok. Dari bandara sekitar 20 menit.

      Banjarbaru dan Banjarmasin sekarang semakin bagus, Kak. Lebih tertata dan terasa lebih adem.

      Hapus
  2. Ini yang ke arah Mandiangin atau ke arah Pleihari itu, Kak? Wah bagusnya. Dl aku medrep area Banjarbaru sampe Martapura. Tp dulu Banjarbaru belum sekeren sekarang. Mendadak kangen bulik ih... Hahaha

    BalasHapus