Minggu, 29 Oktober 2017

Kalau Mau Makan Gurame, Datanglah ke Bale Ayu Resto


Sebenarnya judul di atas kurang lengkap. Edisi lengkapnya begini: “Kalau Mau Makan Gurame, Datanglah ke Bale Ayu Resto. Kalau datang ke Bale Ayu Resto, Pasti Makan Gurame.” Tapi, dua kalimat itu terlalu panjang untuk dijadikan judul, ya. :D Sebenarnya dua kalimat itu saya kutip dari Pak Yudhiono, General Manager PT Bale Ayu Group. Saya tertarik dan terkesima sekali dengan pernyataan itu. Kenapa? Dua kalimat itu mengingatkan saya pada kalimat serupa tentang Yogyakarta yang pernah saya buat dua tahun lalu: “Jika kamu mau selalu kangen, datanglah ke Yogyakarta. Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, pasti kamu akan selalu kangen .” Kalimat ini saya buat setelah beberapa bulan tinggal Yogyakarta. Yogyakarta memang ngangenin seperti halnya menu gurame di Bale Ayu Resto.

PT Bale Ayu Indonesia bergerak di bidang restoran dengan brand Bale Ayu Resto, Bale Bebakaran, Roemah Boemboe, dan Rumah Makan Padang Giwangan. Bale Ayu sudah berdiri sejak tahun 2009 dan dijadikan PT pada tahun 2015. Dan, saya baru tahu, ternyata Bale Bebakaran yang cabangnya banyak sekali di Yogyakarta, juga termasuk Bale Ayu Group. Padahal, saya sudah cukup sering menikmati hidangan di Bale Bebakaran. Menu yang selalu saya order di Bale Bebakaran nila bakar dan jamur krispi. Nah, terus terang saya belum pernah mencoba sajian di Bale Ayu Jombor ini. Secara kebetulan, ada sebuah undangan untuk hadir di Bale Ayu Jombor. Bukan sekadar datang, melainkan menikmati Cita Rasa Masakan Gurame di Bale Ayu Jombor. Tentunya saya ingin membuktikan jargon Bale Ayu: “Semua Bisa Makan Enak”. Di Bale Bebakaran, saya terpuaskan dengan menu makanannya yang enak. Bagaimana dengan menu di Bale Ayu Resto?


Sesuai dengan judul di atas, menu utama yang disajikan di Bale Ayu Resto adalah berbagai olahan ikan gurame. Total varian masakan gurame di Bale Ayu Resto sekitar 25 macam. Sebanyak itu? Ya jelas, tentu olahan ikan tidak hanya digoreng dan dibakar biasa toh, ada juga gurame pepes, sup, dan sebagainya. Bale Ayu Resto cabang Jombor ini baru dibuka pada November 2016. Berarti cabang Bale Ayu di Jombor ini baru berumur menjelang setahun. Tergolong baru untuk cabang Jombor ini, namun secara kualitas hidangan dan tempat tak berbeda dengan Bale Ayu Resto di Jl. Imogiri Timur KM 6, Bantul (dekat Terminal Giwangan) dan Bale Ayu Resto di Jl. Rajawali No 24, Cirendeu, Tangerang Selatan.
Gazebo. Cocok buat reunian nih.

Bicara tentang ikan, saya termasuk penyuka hidangan yang berbahan ikan, apalagi ikan tawar. Lahir dan besar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, membuat lidah saya tentu mengikuti keluarga dan lingkungan. Sejak kecil, saya sudah terbiasa makan ikan tawar. Sesuai julukannya “Kota Seribu Sungai”, banyak pula jenis ikan tawar di sungai maupun rawa-rawa di Banjarmasin. Bahkan, hingga sekarang, orang tua saya tidak ada yang doyan makan ikan laut. Saya pernah bercanda begini ke Abah, “Nanti ditenggelamkan Bu Susi, lho, Bah, kalau tidak makan iwak laut.” Jawab Abah, “Aku, kan, makan iwak sungai. Nanti aku ajaklah Bu Susi makan iwak lais.” Oh ya, orang Banjar menyebut ikan dengan iwak, sama dengan bahasa Jawa.
Gurame siap terbaaang...

Nah, karena penikmat ikan tawar, pilihan saya setiap makan selalu menunya ikan tawar (selama ada menu ikan tawar. Kalau tidak ada, ya terpaksa makan menu lainnya). Salah satu ikan tawar yang saya suka adalah gurame. Ikan yang terkenal karena cita rasa dagingnya ini memang salah satu ikan primadona dan banyak peminatnya.

Salah satu menu recommended di Bale Ayu Resto adalah gurame goreng terbang. Sempat sih bertanya-tanya kenapa disebut gurame terbang. Oalah, ternyata karena cara penyajian ikan gurame di piring seperti hendak terbang dengan posisi kepala ikan menghadap ke atas. Ada lagi gurame bakar bale ayu, gurame bakar madu, gurame bumbu rujak, gurame pesmol, gurame crispy ala Thai, gurame bumbu mangut, gurame bakar dabu-dabu, sup gurame, dan masih banyak olahan gurame lainnya. Tidak hanya gurame, menu di Bale Ayu Resto juga dilengkapi dengan bebragai sayur, snack, dan aneka minuman, seperti tahu masak telur asin dan tahu masak cabe garam. Dilihat dari berbagai menu, Bale Ayu Resto benar-benar memanjakan lidah pengunjung dengan cita rasa Nusantara.

Bale Ayu memang pusatnya di Yogyakarta. Pihak owner Bale Ayu punya alasan tersendiri kenapa Bale Ayu pertama kali dikembangkan di Yogyakarta. Yogyakarta menjadi trendsetter kuliner di Indonesia. Jadi, jika ingin membuat usaha kuliner di Indonesia, buka dulu di Yogyakarta, kembangkan, lalu mulailah merambah ke kota lain.

Bale Ayu Resto di Jombor ini tergolong luas, lho. Suasananya juga sangat nyaman. Area parkir yang luas tentu menjadi pilihan pengunjung. Total seat di Bale Ayu Resto Jombor sekitar 400 seat. Ada gazebo lumayan besar juga. Kebetulan, saat saya ke sana, ada sekumpulan orang sedang mengadakan reuni di gazebo itu. Buat kamu yang mungkin bingung memilih tempat untuk meeting, Bale Ayu bisa menjadi pilihan. Ada meeting room yang bisa memuat 20 pax dan 80 pax. Bahkan, Bale Ayu Resto bisa dipakai untuk acara nikahan. Ada juga area bermain untuk anak-anak. Jadi, jangan khawatir jika membawa anak-anak ke Bale Ayu Resto. Anak-anak tidak akan merasa bosan karena bisa bermain.

Rupanya, menu gurame di Bale Ayu Resto sudah sangat terkenal dan termasuk legend, ya. Saya sempat memosting foto Bale Ayu Resto di Instastory. Teman saya yang tinggal di Jakarta langsung mengomentari, “Ini restoran dari zaman aku di Jogja. Guramenya enak.” Zaman dia di Yogyakarta berarti sudah beberapa tahun lewat. Lama sekali.  Betapa saya kurang update, ya. Baru mencoba olahan gurame di Bale Ayu Resto kemarin, setelah 2,5 tahun tinggal di Yogyakarta. Tapi, tak pernah ada kata terlambat untuk mencoba, bukan? Semoga saya bisa kembali ke Bale Ayu Resto, serta bisa mengajak keluarga Banjarmasin ketika mereka berkunjung ke Yogyakarta. Pastinya, saya ingin mencoba cita rasa olahan gurame lainnya. Baru dua menu, lho, sisa 20 lebih aneka masakan gurame lagi yang harus dicoba. πŸ˜‰
Saking tidak sabarnya mau makan gurame, menu sayur pun lupa difoto. πŸ˜…

Bale Ayu Resto Jombor ini beralamat di Jl. Magelang km. 6.3 Yogyakarta (selatan flyover Jombor/depan Indogrosir).  Awalnya, saya berpikir alamat Bale Ayu Jombor ini terlalu jauh karena saya tinggal di Banguntapan, Bantul. Jauh juga dari pusat kota Yogyakarta. Namun, ternyata pihak Bale Ayu Group punya alasan tersendiri kenapa harus memilih kawasan Jl. Magelang. Pertama, karena Jalan Magelang adalah jalan penghubung antara wilayah Yogyakarta dan Magelang.  Jadi, masyarakat yang menuju Magelang dan Semarang bisa mampir ke Bale Ayu Jombor. Kedua, Bale Ayu Jombor letaknya dekat perumahan dan perkantoran, jadi sangat cocok dijadikan tempat makan bersama keluarga dan teman. Ketiga, cabang Bale Ayu Resto sudah di wilayah selatan Yogyakarta (Bale Ayu Giwangan), jadi buka cabang lagi di utara Yoyakarta (Bale Ayu Resto Jombor) biar warga sekitar Sleman bisa menikmatinya.
Mari ucapkan alhamdulillah 😊
Harga menu makanan di Bale Ayu Resto Jombor sekitar 3k-75k, sedangkan untuk minuman sekitar 1k-15k.  Bagi pengunjung yang datang rombongan, juga ada harga paket, lho. Tentunya lebih murah dan hemat. Oh ya, Bale Ayu Resto juga sering promo. Seperti kemarin, saya melihat ada promo untuk anak-anak, pengunjung yang ultah, dan sebagainya. Saya sudah membuktikan kenikmatan ikan gurame di Bale Ayu Resto, lho. Apakah kamu mau mengajak keluarga dan teman makan gurame bareng? Yuk, ke Bale Ayu Resto saja!
Selalu ada promo menarik

GM Bale Ayu, Pak Yudhiono

10 komentar:

  1. Nggak percaya sebelum mencoba. Jadi kapan saya diajak ke tempat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke jogja, bundcha. Makan2 kita. Lama gak ke jogja nih. πŸ˜‘

      Hapus
  2. Waaaahhh ikan gurame dian suka, kapan nih diajak makan ke sini dib ?? hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agendain ke jogja, mbak dian. Ayooo

      Hapus
  3. Mari ke Jogja sama si Bunda, Bang Nur. 😊

    BalasHapus
  4. Aku mau diajakin ke siniii.... Traktirin akuuuu. Mulai dr ongkos makan dll wkwkwk


    Dih mb edib option komennya blm.afa name/url nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak maunya nih. -_- ayolah ke jogja, ntar aku traktir makaaan.
      gimana caranya nambah option gitu?

      Hapus
  5. Paling demen gurame chrispy-nyq kalo makan di Bale Ayu. Kriuk2, anak ku suka

    BalasHapus
  6. Aku mau ditraktir gurame di Bale Ayu Resto ituuu.... Seporsi ajaaaa

    BalasHapus