Sabtu, 05 Agustus 2017

11 (Sebelas) Alasan yang Membuatmu Harus Menginap di Batoer Hill Resort & Resto


Setiap menjelang weekend, pertanyaan teman-teman yang terlontar biasanya, “Liburan ke mana weekend ini?” Wih, kalau soal liburan dan piknik, pasti semangat banget. Apalagi buat seorang karyawan sepertiku, liburan adalah hal wajib. Maka, jangan salah, di setiap jeda waktu, kerjaanku (mungkin teman-teman lain juga) adalah memelototi kalender! Melihat tanggal merah dan libur panjang rasanya bikin bahagia banget, padahal baru tahap perencanaan liburan, ya.

Tujuan orang berwisata macam-macam, yang pada intinya satu sih, yaitu berlibur. Soal berwisata sambil mencari ilmu atau mencari jodoh (uhuk!), misal, tetap saja tujuan utamanya ya berlibur. Tempat wisata dan penginapan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ibarat kenangan dan mantan gitu, lah (skip!)

Biasanya, orang yang pergi ke tempat wisata itu punya berbagai pilihan penginapan.
1. Pilih tempat inap di tengah kota
2. Pilih tempat inap di dekat tempat wisata
3. Pilih tempat inap sekadar numpang tidur
Ada lagi satu pilihan: Pilih tempat inap yang sekaligus tempat untuk menikmati alam, menikmati sunset dan sunrise, menikmati kuliner, menikmati desa wisata, bisa outbound juga, dan lain-lain. Apakah ada pilihan seperti ini? Jelas ada dong. Batoer Hill Resort & Resto pastinya.



Apa sih yang menjadi nilai plus dari Batoer Hill Resort & Resto ini dibandingkan resort dan penginapan lainnya? Ini beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba menginap di resort yang terletak di Dusun Batoer, Pathuk, Gunung Kidul ini:

1. Terletak di desa wisata Batoer yang berdekatan dengan desa Bobung yang terkenal karena kerajinan topeng kayu batik serta Kampung Emas yang terkenal dengan ingkungnya.
Sajian ingkung bisa kamu nikmati di Kampung Emas, di gubuk-gubuk di tengah sawah. Di resto Batoer Hill juga disediakan, lho. Di Bobung, kamu bisa melihat secara langsung cara pembuatan topeng kayu batik.
Topeng kayu batik (sumber: https://batoerhillresort.com/)

2. View-nya sangat amazing! Sepanjang jalan menuju Batoer Hill Resort & Resto saja bikin terpana, lho. Ada plang-plang khas desa wisata, jalan-jalan yang asri dan hijau. Pokoknya pikiran jadi fresh. Belum lagi pemandangan alam di Batoer, wah bikin pengin foto-foto dan betah lama duduk menatap pemandangan di depan mata. Ada area persawahan terasering, kebun lidah buaya yang dijadikan sarana edukasi, hutan jati, dan sebagainya.

Terasering di depan mata.

Budidaya lidah buaya


3. Kamar-kamar dibuat seperti rumah di perkampungan yang berbahan utama kayu. Jadi, bukan bentuk kamar, tapi rumah kecil. Fasilitas kamar ada TV, AC, kamar mandi, desk, lemari. Kalau saya pribadi sih bangunannya mengingatkan pada kampung halaman di Banjarmasin. Bedanya, di Banjarmasin sulit menemukan view seperti di Batoer ini.
Mengingatkan kampung halaman...

Jalan setapak

4. Bangun pagi kamu bisa langsung menikmati sunrise, embun, dan kabut. Saat senja, kamu bisa menikmati sunset. So, menikmati sunrise dan sunset tidak cuma di pantai, ya. Cocok banget buat kamu yang hobi berburu sunrise dan sunset. Saat malam hari pun kamu masih bisa menikmati terangnya bintang-bintang di langit.
Senja menuju malam.
 
Joglo yang dibangun atas dukungan pemerintah.
5. Ada fasilitas kolam renang di lereng, lho. Ini ciri khas Batoer Hill Resort &Resto nih. Kamu bisa berenang dengan pemandangan pepohonan, sawah, dan pegunungan di depan mata. Oh ya, sambil berenang, kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset. Takut dingin? Tenang, di kolam ini juga disediakan air hangat bagi yang ingin berenang sambil menikmati sunrise.


Gimana? Sudah tertarik mau menginap di sini? Ada beberapa poin lagi di bawah ini.

6. Ada spot-spot cantik buat foto, lho. Ada gardu pandang, spot kekinian. Gardu pandang di Batoer Hill Resort & Resto ini tentunya berbeda dengan gardu pandang di tempat lain. Ada juga kursi-kursi kayu tempat untuk bersantai dan ngopi cantik. Saat senja menuju malam, cuaca di tempat ini agak dingin dan berangin, lho. Jadi, buat kamu yang sensitif dingin, sebaiknya pakai jaket, ya. Syukurlah di menu resto ada wedang jahe. Lumayan bikin badan lebih hangat.

Gardu pandang

Bersantai sambil ngopi, ngobrol, atau nulis puisi juga bisa.

7. Bakal ada fasilitas outbound, seperti ayunan langit, seluncuran, jaring laba-laba, flying fox, pin ball, rumah-rumahan pohon di hutan jati. Di dekat area resort ini, ada hutan jati yang tetap akan dilestarikan dan dimanfaatkan sebagai area bermain.

8. Nilai plus dari Batoer Hill Resort & Resto ini adalah komitmen para investor untuk memajukan Batoer dan masyarakatnya. Di resort ini disediakan gratis satu show room untuk masyarakat Batoer dan desa sekitarnya yang ingin menjual hasil karyanya. Masyarakat tidak dipungut biaya sepeser pun.

Konsep pengelolaan resort ini tergolong unik. Para investor tidak mengambil keuntungan sendiri, melainkan ada sistem kemitraan dan pemberdayaan, serta bagi hasil untuk dusun dan pemerintahan Batoer. Konsep ini disambut baik oleh masyarakat Batoer dan pemerintah setempat. Tanah punya desa, lalu dikembangkan oleh para investor, hasilnya dibagi bersama demi kemajuan desa.

9. Karena mengedepankan visi demi terwujudnya peningkatan ekonomi desa, segala bahan pokok kuliner di Batoer Hill Resort & Resto bersumber dari produk lokal Batoer dan sekitarnya. Dalam hal ini bekerja sama dengan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Menu-menu di resto ini juga Indonesia banget.
Tidak hanya itu, dalam hal peningkatan budaya desa, akan ada pertunjukan tarian dan musik tradisional yang secara khusus ditampilkan oleh masyarakat Batoer dan sekitarnya. Pertunjukan musik dan tarian ini dipertontonkan saat event tertentu, sesuai permintaan customer, atau penyambutan tamu.
 
Ingkuuung...


Wedang jahe, penghangat badan saat menikmati malam di Batoer.
Musik tradisional mengiringi jam makan malam.

10. Meski terletak di Pathuk, Gunung Kidul, DIY, resort ini sangat gampang dicari lho. Apa kamu masih bisa menikmati tempat wisata di luar Batoer saat menginap di Batoer Hill Resort & Resto? Ya jelas bisa dong. Tempat ini berdekatan dengan Pantai Baron dan pantai lainnya, Gua Pindul, Air Terjun Srigethuk. Ke pusat kota, seperti Malioboro, Keraton, Gembira Loka, Museum Affandi, dan lain-lain, juga tidak makan waktu lama. Ish, Jogja itu provinsi kecil, kawan. Jarak antarkabupaten tidak terlalu jauh. Dari pusat kota Yogyakarta ke Batoer Hill Resort & Resto paling lama 1,5 jam.

11. Apa alasan kesebelas? (Saya tidak mau menyebut yang terakhir karena pasti ada tambahan alasan. Ya kan?). Kamu mesti coba menginap di Batoer Hill Resort & Resto. Masa selama ini setiap ke Jogja selalu menginap di tengah kota? Oh ya, menginap sendirian di tempat ini bisa sih, tapi lebih baik bareng keluarga atau temanmu. Kamarnya cukup luas, lho. Kamu bisa tambah ekstra bed hingga lima orang. Pengin merasakan tidur ala pendaki? Kamu juga bisa tidur di tenda (ini mah alasan keduabelas, ya.)
Ada ruang tamu di setiap kamar/rumah.


Memang selalu ada alasan untuk menunda melakukan sesuatu, namun banyak juga alasan untuk mencoba rasa yang lebih indah dan lebih fresh, seperti menginap dan berwisata di Batoer Hill Resort & Resto ini. Yang terpenting dan perlu diingat, Batoer Hill Resort & Resto ini dibangun demi memajukan dan memberdayakan masyarakat Batoer dan sekitarnya. Jadi, dengan menginap di resort ini, kamu otomatis membantu mengembangkan perekonomian dan pelestarian budaya desa.

Dengan fasilitas yang lengkap dan view yang memukau banget, budget menginap di sini tergolong murah dibanding resort lainnya. Rate harga per malamnya sekitar 600.000-800.000 rupiah. Mau menikmati kolam renang dan berfoto di gardu pandangnya saja juga bisa, tapi ya tidak puas kalau tidak menginap, kan?
 
Kamu kapan ke sini?
Sudah cek kalender, kawan? Sudah dilingkari tanggal merah dan libur panjangmu? Setelah dilingkari, jangan lupa kasih catatan: Liburan di Batoer Hill Resort & Resto. Ingat, Batoer dengan segala keindahannya menantimu sepenuh cinta.


Jogja, 060817

56 komentar:

  1. Bentar lagi ke Jogjaa.. aaaakk pengen mampir πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Batoer, mbak. Nginep bisa, foto2 doang juga bisa. πŸ˜„

      Hapus
  2. Suasananya adem banget ya :) Kalau di Lombok, ada kawasan Sembalun, yang suasananya mirip di sana.

    BalasHapus
  3. Kapan kamu ajak ke sana Mba? Hihihi

    BalasHapus
  4. Duh jauh.. Tp semoga bisa ke sana.. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke Batoer yaaa.... Bareng2. 😊

      Hapus
  5. Jadi kapan kanu mengundang saya ke dini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke dini apa sini? 😁 ayolah, kalo ke jogja, main ke batoer kita.

      Hapus
  6. duh.. ini keren banget.. berasa pengen segera ke sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadwalin main ke gunung kidul, mbaaak.... Asli keren pake banget!

      Hapus
  7. pingin kesini lagi....asyik bgt soalnya tempat ini, penasaran waktu paginya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesti nginep biar bisa menikmati sunrise, mas charis. 😊

      Hapus
  8. Aku diajak gak?

    Btw itu topeng akuuh mauuuhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cucok banget tuh topeng, wan. Ayolah jelong2 ke jogjaaa...

      Hapus
  9. Jadi kepengen juga menikmati rumah kayu yg ala hotel hehe. Konsep pengelolaan resortnya oke banget ya. Semoga mengisnpirasi pengusaha yg lain ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yg diharapkan. Pengusaha lain biar terinspirasi... 😊

      Hapus
  10. wah noted..Suka tempat nginep yg beginian.:)

    BalasHapus
  11. Aku pengen lihat pas kabut kabutnya pasti keren kaya resort di atas awan

    BalasHapus
  12. Moga2 balik lagi kesana buat nginep ya heheee

    BalasHapus
  13. Pengen nginep Batoer Hill, bangun tidur langsung berenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengin jugaaa... Maen aer. #gak iso berenang sayah. πŸ˜‚

      Hapus
  14. Rutenya lewat mana? Nanjak sekali ndak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak nanjak banget, kok.
      Rute dari Jogja, ngelewatin Piyungan, Bukit Bintang, terus naik. Nyampe Radio GCD, lurus terus, dan nyampe pusat oleh2 Putat Jaya. Setelah jembatan, ada prtigaan, dan belok kiri. Lurus terus, nyampe desa Bobung. Ada plang Batoer Hill.

      Hapus
  15. tep pengin ngerasain nginep disana e

    BalasHapus
  16. Kalo 11 alasan yang bikin km harus prewed di Batoer Hill apa, Kak? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasannya... Dia 11x. #repetisi doang. πŸ˜‚

      Hapus
  17. Kali aja ada kesempatan ke sini lagi. Kayaknya kalau semalaman di sini bakal produktif bikin artikel :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang memang perlu suasana baru buat nulis ya... πŸ˜„

      Hapus
  18. Kemaren nyebur ke kolam renang nya kedinginan brrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaa... Keren! Gak bisa berenang,tapi pengin maen air.

      Hapus
  19. Balasan
    1. Apakah ini blog mu mas? http://www.ardiankusuma com/2017/05/telaga-kemuning-kesejukan-di-tengah-tandusnya-tanah-gunungkidul.html

      Hapus
    2. Ajak2 dong... #nebeng πŸ˜…

      Hapus
  20. Mbak, pengen donk isi alasan ke-11.. apalagi kalo ada yang kasih pocer nginep gratis.. :D

    BalasHapus
  21. Huwaaa.. Ingkungnya benar-benar menggiurkan. :D

    BalasHapus
  22. Pingin makan ingkung lagi. Ditemani gending jawa yang syahdu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin gak inget udah brp bnyak makanan yg masuk perut ya. πŸ˜„

      Hapus
  23. Seruuuu pepotoan di gardu pandangnyaaaaaaa. Nagih!

    BalasHapus
  24. alasan keduabelas, singkong dan pisang gorengnya enak! :D

    BalasHapus
  25. suka ingkungnya. kemarin aku nambaaah eheheee.

    BalasHapus
  26. Bagian paling menyenangkan dari info tentang Batoer Hill ini adalah tentang penggunaan produk lokal dari desa sekitar. Semoga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitarnya, ya.

    BalasHapus
  27. Wah, harus dimasukin dalam list tempat yang harus dikunjungi kalo ke jogja niiih !

    BalasHapus
  28. aku baru baca lagi tulisan ingkung, kangen euy sama ingkung. Ingkung yang kukenang itu rasanya gurih dan enak banget. Biasanya ada di hajatan atau selamata di daerahku dulu

    BalasHapus
  29. semoga bisa kesana kalo ada rejekinya..

    BalasHapus