Senin, 03 Oktober 2016

Belanja Praktis dengan Uang Elektronik “Sakuku”



Cara berbelanja dari masa ke masa terus mengalami kemajuan. Seiring dengan meningkatnya daya produksi dan memenuhi keperluan konsumen, maka diperlukan sebuah gebrakan yang tentunya harus sejalan dengan perkembangan teknologi. Sebelum ada mata uang, zaman dulu orang melakukan transaksi dengan cara barter. Kemudian, muncullah uang dalam bentuk logam dan kertas untuk mempermudah transaksi. Semakin modern, semakin maju cara jual belinya. Muncul lagi bank-bank dengan produk kartu ATM, kartu debit dan kredit, serta kartu Flazz yang bisa dibawa ke mana saja.

Richard Gunawan Jusup menjelaskan tentang Sakuku
Rupanya kemajuan teknologi tidak pernah stagnan alias berjalan dinamis. Era smartphone atau telepon pintar benar-benar mempermudah segala aktivitas kehidupan, terutama transaksi jual beli. Bank Central Asia (BCA) tak ketinggalan terus berinovasi menciptakan produk yang bertujuan mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi. BCA menciptakan Sakuku, uang elektronik berbasis server. Sesuai moto Sakuku “Membuat Hangout Kamu Makin All Out!”, jelas aplikasi ini solusi mudah untuk kamu yang menyukai kepraktisan dalam bertransaksi.
Bagaimana cara menggunakan aplikasi Sakuku? Caranya gampang banget. Pastikan kamu mempunyai smartphone Android (OS 4.0 ke atas) atau iPhone (iOS 7.1 ke atas). Kamu bisa install aplikasi Sakuku di App Store atau Play Store. Selesai proses install, lakukan registrasi dan verifikasi data diri sebagai pengguna Sakuku. Bedanya Sakuku dengan kartu ATM adalah nomor telepon kita adalah nomor pengenal Sakuku. Selanjutnya masukkan kode PIN 6 digit untuk login.
MC ngobrol bareng para blogger.
Fitur Sakuku: bayar belanja, transfer, isi pulsa, split bill, dan tarik tunai. Kamu bisa isi pulsa sendiri juga bisa isi pulsa teman, lho. Kamu dapat mengisi pulsa maksimal 1,1 juta per hari dan bisa ke provider mana pun. Nilai lebih Sakuku ini adalah tidak ada biaya administrasi alias gratis! Kata Mas Richard Gunawan Jusup, yang kemarin menjelaskan tentang Sakuku di Roaster and Bear Yogyakarta, harga pulsa lebih murah karena tidak ada biaya admin. Lebih hemat, bukan? Bagaimana dengan kemananan dan privasi pengguna? Nah, ini nilai plusnya lagi. Setiap melakukan login dan otorisasi transaksi kamu harus memasukkan kode PIN 6 digit. 
Sakuku sudah bekerja sama dengan 1.000-an outlets. Kamu bisa belanja dengan gampang. Ada toko online, outlet makanan, kafe, apotek, dan sebagainya. Siapa sih yang tidak mau belanja tanpa ribet? Semua juga mau. Ayo langsung install Sakuku di smartphone kamu, registrasi dan login (registrasi pertama hanya perlu biaya satu kali SMS sekitar 250 rupiah atau sesuai operator), selanjutnya kamu bisa top up dengan setoran awal dan setoran minimum sebesar 10.000 rupiah. Maksimal top up sebesar 20 juta/bulan.
Pertanyaan penting, apakah kamu harus punya rekening BCA baru bisa install aplikasi Sakuku? Tidak harus. Jadi, kamu bisa install Sakuku tanpa harus punya rekening BCA. Bahkan, kamu bisa top up saldo dengan bantuan temanmu, yakni meminta temanmu yang punya rekening BCA untuk transfer ke nomor Sakuku milikmu.   
Ada Mas Cyndo yang menjelaskan tentang ilustrasi/gambar.
Ternyata Sakuku sendiri ada dua macam, yakni Sakuku dan Sakuku Plus. Kalau kamu aktivasi Sakuku Plus tentunya punya nilai yang lebih unggul, antara lain ada fitur transfer antar pengguna Sakuku dengan minimal transfer 5.000 rupiah, bisa tarik tunai dengan kelipatan 50.000 (maksimal 1.250.000), dan split bill. Saldo Sakuku Plus maksimal menjadi 5 juta rupiah (kalau Saldo Sakuku maksimal 1 juta rupiah). Jadi, kalau kamu ketinggalan dompet saat jalan keluar, jangan takut tidak bisa ambil uang di ATM. Kamu bisa gunakan aplikasi Sakuku Plus. Caranya gampang, kamu datang ke mesin ATM BCA berlogo Sakuku, masukkan nomor handphone Sakuku kamu di layar mesin ATM, lalu masukkan kode tarik tunai.
Yang lebih keren, ada fitur kontak dan permintaan teman juga, lho. Jadi, kamu tahu siapa saja temanmu yang menjadi pengguna Sakuku. Kamu juga bisa setting sesuai yang kamu inginkan, seperti mengaktifkan fitur permintaan teman atau dinonaktifkan.
Jika sebelumnya dompetmu selalu penuh dengan uang-uang kertas, nah dengan aplikasi Sakuku ini otomatis kamu hanya menggunakan smartphonemu sebagai media transaksi. Jadi, tidak ada ceritanya tuh dompetmu sesak tak bisa bernapas. Kayaknya ini sesuai dengan tag line yang berkembang di dunia pengguna smartphone, “Lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan handphone.” Jangan panik kalau ketinggalan dompet dan takut tidak bisa berbelanja karena aplikasi Sakuku sangat membantumu di mana pun dan kapan pun. Ke depannya, diharapkan Sakuku akan terus mengalami perkembangan fitur menyesuaikan kebutuhan pengguna. Misalnya, sebagai seorang yang sering bepergian ke luar kota, saya harap ada fitur pembelian tiket pesawat dan tiket kereta api di aplikasi ini.
Hiburan stand up comedy oleh Aditya dari Semarang.
Suasana santai di acara Ngobrol Bareng Blogger Yogyakarta
Apa saja sih merchant yang bekerja sama dengan Sakuku? Ini di antaranya: Kaskus, Bhinneka.com, A Dua Coffee, Alfamart, Anime Corner, Bakmi GM, Bakpiaku, Bento Tei, Citi Trans, Coffee Town, Gramedia, Kopi Oey, Mirota Batik, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat di sini: http://www.bca.co.id/id/Individu/Produk/E-Banking/Sakuku/Merchant-desktop-version. Kamu bisa juga cek merchant yang ada di kotamu.

Jogja, 070916 BCA Sakuku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar