Senin, 09 Mei 2016

Candi Sumberawan nan Menawan




Saya lupa sudah berapa kali mengunjungi Kota Malang. Kota dengan julukan Kota Apel ini berada di Provinsi Jawa Timur. Kota Malang adalah bagian dari Malang raya, yang termasuk Kabupaten Malang dan Kota Batu. Jadi, jangan keliru, ya. Ada Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Selain dikenal sebagai Kota Apel, Malang juga dikenal sebagai Kota Pelajar, Kota Bunga, dan Parijs van Oost-Java, karena keindahan kotanya bagaikan kota Paris di timur Pulau Jawa.
Malang dikenal sebagai kawasan yang sejuk karena berada tepat di daerah pegunungan. Berada di kota ini membuat saya malas mandi. Airnya dingin sekali macam air es. Meski sudah sering berkunjung ke Malang, saya belum mengunjungi semua tempat wisatanya. Beberapa waktu lalu saya mengunjungi sisi lain Malang, yakni kawasan Singosari.

Inilah sisi lain Malang. Selain terkenal dengan Kota Batu, Jatim Park, kebun stroberi, kebun apel, dan taman bunga di Selecta, Malang juga terkenal dengan candinya. Candi yang paling terkenal adalah Candi Singosari dan Candi Sumberawan. Jika Candi Singosari mudah dijangkau karena terletak di tepi jalan raya, Candi Sumberawan letaknya di kaki Gunung Arjuna, agak terpencil dan melewati jalanan yang menanjak dan lumayan curam. Kebetulan saya kemarin sempat berkunjung ke Candi Sumberawan dalam rangka menghadiri acara Hari Bumi.


Candi ini terletak tepat di Desa Sumberawan, Kecamatan Singosari. Candi kecil ini memang terlihat biasa, tapi apa yang ada di sekelilingnyalah yang membuat luar biasa. Candi Sumberawan terletak di antara Bendungan Sumberawan dan hutan pinus. Banyak keluarga yang berpiknik ke kawasan Candi Sumberawan.
Bendungan Sumberawan sering menjadi objek para mahasiswa dalam melakukan penelitian lingkungan. Tak hanya itu, banyak warga yang mencuci pakaian di aliran bendungan (bukan di bendungannya, tapi di kali kecil yang dialiri bendungan). Bocah-bocah juga asyik memancing di sana. Mengunjungi Candi Sumberawan sekaligus berinteraksi dengan warga setempat tentunya hal yang menyenangkan.

Ternyata banyak yang belum mengetahui keberadaan Candi Sumberawan ini. Bahkan, ada orang Malang asli yang kesasar mencari alamat Candi Sumberawan. Apa karena tempatnya yang sulit dijangkau, ya? Mungkin saja. Yang jelas, kawasan Candi Sumberawan adalah destinasi wisata yang perlu dikunjungi saat berkunjung ke Malang Raya, dengan syarat harus menjaga keasrian dan kebersihan Candi Sumberawan.

Kawasan hutan Candi Sumberawan terjaga keasriannya sampai sekarang. Karena suatu hal, rencana camping di hutan Sumberawan terpaksa dibatalkan. Namun, saya sangat senang bisa menikmati keteduhan Sumberawan, berbincang dengan bocah-bocah Sumberawan, dan berinteraksi dengan warga Sumberawan. Satu momen yang tak terlupakan adalah kemarin saat Hari Bumi, saya turut serta melakukan reboisasi bersama komunitas Bening, komunitas yang diketuai Sarwendah Rahman, seorang sahabat yang juga aktif sebagai seniman.
Paru-paru dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar