Minggu, 26 November 2023

BRI untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat Indonesia

      Tidak pernah terbayangkan sebelumnya dunia bisnis semakin maju sekarang ini. Bisnis di berbagai bidang pun mulai digeluti oleh banyak orang. Penyebab terbesarnya tentu saja karena melajunya teknologi transaksi digital di tengah masyarakat. Lebih-lebih lagi semenjak media sosial menjadi alat jitu untuk mempromosikan produk barang dan jasa.

      Sebagai seorang yang beraktivitas di media sosial, aku sangat salut dengan masyarakat yang semakin melek dengan teknologi digital ini. Hal yang berbau digital bukan lagi hal yang sulit dijangkau. Semua orang bisa menggunakan teknologi digital dalam rangka mengoptimalkan usahanya. Mulai dari pembuatan konten produk hingga cara transaksi yang mengandalkan transaksi online atau digital. Bayangkan betapa mudahnya orang bertransaksi tanpa perlu bertatap muka. Hanya menggunakan ponsel dan aplikasi, proses transaksi pun bisa dilakukan tanpa kendala jarak. Ah, hanya hubungan asmara yang terasa berat jika terkendala jarak. Ups! 😄


      Di dunia usaha, perbankan menjadi media dalam memaksimalkan hasil usaha. Bank pun berupaya memfasilitasi dan mendukung para nasabahnya untuk mencapai hasil bisnis yang maksimal. Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), bank tertua di Indonesia yang tahun ini memasuki usia 128 tahun.

      BRI merupakan sebuah badan usaha milik negara Indonesia. Salah satu bank terbesar di Indonesia ini telah lama melayani kebutuhan masyarakat dalam hal transaksi keuangan. Semakin maju teknologi, BRI pun semakin berupaya melayani kebutuhan masyarakat lewat program layanan yang berbasis digital.

      Banyak layanan digital yang disediakan oleh BRI, yaitu:

- Layanan Digital Customer Service 
Tidak perlu repot lagi melakukan konsultasi dengan mendatangi kantor cabang BRI. Para nasabah bisa melakukan layanan ke CS secara digital dan self service. Digital CS berbentuk sebuah mesin yang melayani proses pembukaan rekening, penggantian kartu, cetak rekening koran, dan lain-lain.

- BRImo
BRImo adalah aplikasi mobile banking BRI. Para nasabah bisa melakukan berbagai transaksi lewat aplikasi BRImo yang bisa diinstal di ponsel.



- Internet Banking BRI
Para nasabah BRI bisa melakukan transaksi secara online lewat website https://ib.bri.co.id/.

- BRIAPI
Untuk memperlancar transaksi digital antara nasabah BRI dengan pihak ketiga (perusahaan, instansi, dan sebagainya), BRI pun meluncurkan sebuah aplikasi bernama BRIAPI. 

- Brizzi
Brizzi merupakan uang elektronik BRI sebagai pengganti uang tunai dalam melakukan proses pembayaran. 

      
      Digitalisasi BRI sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu, para nasabah pun menjadi lebih mudah dalam melakukan transaksi keuangan. Bukti bahwa layanan digital BRI semakin diminati oleh nasabah adalah adanya peningkatan layanan digital. Menurut data tahun 2022, transaksi digital nasabah BRI sebanyak 98,41%, sisanya 1,59% transaksi dilakukan di cabang BRI. Transaksi digital ini pun meningkatkan laba BRI pada tahun 2022, yakni sebesar 51,42 triliun. Angka ini merupakan laba tertinggi dalam perbankan nasional. 

       Siapakah yang berperan penting dalam peningkatan laba BRI tersebut? Tentu saja nasabah BRI, termasuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Nah, inilah bentuk pengabdian BRI untuk Indonesia. Sebagai bank tertua di Indonesia, BRI berupaya mendukung peningkatan perekonomian masyarakat Indonesia dari lingkup terkecil. Karena adanya digitalisasi BRI inilah, muncul UMKM yang turut serta mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan perekonomian bangsa. Maka, layak kiranya BRI disebut sebagai pahlawan UMKM.

      Khusus untuk UMKM, BRI telah melakukan pelayanan dan program, antara lain:

- Program Desa BRILian
BRI melakukan pembinaan dari tingkat desa. Program Desa BRILian ini melakukan pelatihan terhadap pemilik usaha di desa dan perangkat desa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian di pedesaan.



- Holding Ultra Mikro
Kemandirian dalam usaha merupakan salah satu modal dan bekal oleh pelaku usaha. BRI pun memberikan bantuan kepada pelaku usaha lewat program Holding Ultra Mikro.

- Klasterku Hidupku
Banyak pelaku usaha yang menjadi inspirator dan motivator bagi pelaku usaha lainnya yang baru merintis. Program Klasterku Hidupku ini pun melakukan upaya pembinaan dan pembekalan lewat pelaku UMKM yang sudah sukses menjalankan bisnisnya. Dengan begitu, orang lain pun akan terinspirasi dan termotivasi untuk berbisnis.



- Growpreneur
Program ini merupakan upaya pendampingan BRI yang bekerja sama dengan Smesco Indonesia kepada pelaku UMKM. Growpreneur menjadi sebuah jembatan untuk para pelaku usaha dan industri kreatif di Indonesia.

- KUR (Kredit Usaha Rakyat)
KUR merupakan layanan pinjaman secara kredit kepada pelaku UMKM. KUR sangat membantu para nasabah yang ingin melancarkan bisnisnya sehingga tidak ada lagi drama tidak adanya modal usaha.

- BRI Ventures
BRI Ventures merupakan bagian dari BRI yang berfungsi meminjamkan modal kepada UMKM tanpa jaminan. Selain itu,  BRI Ventures juga melakukan pendampingan dalam pengelolaan usaha dan memberikan akses pasar sehingga UMKM bisa dengan mudah mendistribusikan produknya. 



- BRI UMKM Go Global
Memang sudah banyak yang melek internet, tapi tak sedikit pula yang baru aktif menjadikan internet sebagai media bisnis. BRI UMKM Go Global ini membantu para pelaku usaha dalam berjualan secara digital. Pelaku usaha akan dikenalkan berjualan di media sosial, cara pembuatan konten jualan, serta pembuatan dan pengelolaan website dan media sosial. Salah satu website yang bisa digunakan pelaku UMKM dalam berjualan adalah pasar.id.

      
      Sebagai generasi yang selalu melek teknologi, tentu saja digitalisasi BRI menjadi hal yang memudahkan bagi para nasabah. Terutama bagi kalangan pelaku UMKM ini menjadi sebuah solusi dalam rangka meningkatkan hasil penjualan. Semoga BRI yang sedang berulang tahun ke-128 akan terus merayakan ulang tahunnya pada tahun-tahun berikutnya dengan terus menghadirkan layanan dan program yang berfaedah bagi masyarakat Indonesia. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar