Minggu, 16 Oktober 2016

Yuk, Mengenal Hewan dan Menikmati Alam di Gembira Loka Zoo!



Setelah satu setengah tahun tinggal di Yogyakarta, baru kali ini aku berkunjung ke Gembira Loka Zoo. Ternyata kebun binatang ini sangat bagus dan bersih banget. Suasana kebun binatang Gembira Loka dibuat seenak mungkin bagi pengunjung. Letak Gembira Loka di tengah kota Yogyakarta dan gampang banget dijangkau dengan naik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Ada bus Trans Jogja juga bus angkutan dalam kota. Naik Gojek juga bisa. Harga tiket masuk Gembira Loka sekarang 30 ribu rupiah.


Setelah lolos dari pintu masuk, pengunjung disambut beberapa badut hewan dan photo booth untuk berfoto narsis. Oh ya, pengunjung yang bertinggi badan maksimal 80 cm tidak perlu bayar tiket masuk, lho, alias gratis! (mendadak pengin minum obat pemendek badan. :D ). Gembira Loka ini tidak hanya berisi hewan-hewan, tapi juga terdapat area transportasi air. Dengan luas yang mencapai 20 hektare, Gembira Loka Zoo adalah destinasi wisata yang luas dan nyaman untuk dikunjungi. Apa capek? Ah, tidak juga. Jalannya penuh pepohonan dan di beberapa ruas jalan diberi “atap” jaring sehingga membuat teduh dan pengunjung tidak kepanasan. Selain itu, kita juga bisa menyaksikan aliran air Sungai Gajah Wong. Suara gemericik air plus suara hewan-hewan membuat pengunjung seolah-olah berada di tengah hutan.

Bermacam hewan menghuni Gembira Loka Zoo, antara lain gajah, kuda nil, unta, kijang, rusa, buaya, harimau, wallabi, flamingo, ular, kuda, penguin, burung merak, ikan macan, elang laut, orang utan, kura-kura, siamang, singa, beberapa burung di taman burung, dan lain-lain. Sesekali ada berbagai pertunjukan/pengenalan hewan. Seperti kemarin saat aku ke sana, ada pengenalan aktivitas gajah. Pengunjung juga bisa menaiki gajah dengan membayar 20.000 rupiah.

Area permainan air pun lengkap banget. Kolam air dengan ombak buatan dilengkapi dermaga dan beberapa transportasi air, seperti speed boat, perahu mesin, getek, sepeda bebek, dan lain-lain. Tentunya setiap area permainan dengan tarifnya yang berbeda. Karena areanya sangat luas, Gembira Loka Zoo juga menyediakan kereta mini bagi yang tidak begitu kuat jalan kaki atau sekadar menikmati kebun binatang dengan kereta mini. Apalagi anak-anak pasti suka naik kereta mini toh. Tarifnya 8.000 rupiah/orang. Tapi, jalan kaki sebenarnya tidak begitu bikin lelah (cukup hati Hayati yang lelah, ya). Kalau sudah terasa lelah, kita bisa duduk-duduk di bangku-bangku yang disediakan di setiap titik area. 

Gembira Loka Zoo benar-benar berbenah setelah sempat rusak parah karena gempa tahun 2006. Ini terlihat dari keasrian, kerapian, dan kebersihan area Gembira Loka Zoo. Bingung cari makanan? Ah, tidak ada istilah bingung cari makanan di Gembira Loka Zoo. Di dekat pintu masuk dan pintu keluar banyak warung dan toko makanan. Makanannya pun cukup beragam dengan harga yang standar. Toilet pun disediakan di beberapa area. Jangan takut kebelet dan jangan takut toiletnya kotor. Dijamin kebersihannya. Semoga Gembira Loka Zoo tetap terjaga keasrian dan kebersihannya. Semakin banyak yang sadar akan kebersihan, tentu Gembira Loka Zoo menjadi tempat wisata yang ramai dan nyaman untuk dikunjungi.

Jogja, 171016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar