Jumat, 26 Mei 2023

Persiapan Matang Sebelum Berangkat Umroh Bersama Shafwah Holidays


       Baru seminggu lalu abang dan kakak ipar pulang dari ibadah umroh. Seluruh keluarga berbahagia karena akhirnya mereka sudah menyelesaikan ibadah umrah dengan lancar. Umroh, ibadah yang dirindukan oleh umat muslim. Ibadah yang membuat hati rindu menuju Baitullah. Terkadang, ibadah umroh bukan sekadar soal kemampuan finansial saja, melainkan kesiapan fisik dan mental serta memang sudah waktunya untuk berangkat.


       Umat muslim Indonesia sempat tidak bisa melaksanakan ibadah umroh pada masa pandemi. Namun, setelah pandemi usai, begitu antusias umat muslim yang berangkat umroh. Menurut data, dari tanggal 30 Juli hingga 4 Oktober 2022, sebanyak 317.200 umat muslim Indonesia yang menunaikan ibadah umroh. Indonesia menempati urutan pertama sebagai jamaah umroh terbanyak.


       Berangkat umroh bukan seperti berangkat liburan ke luar negeri pada umumnya. Namanya saja ibadah, tentu lahir dan batin harus benar-benar siap agar ibadah umroh berjalan dengan lancar. Ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum berangkat umroh:

       

       Pertama, niatkan hanya karena Allah.
       

       Niat adalah pondasi utama dalam menunaikan ibadah. Niat karena Allah akan senantiasa membuat hati dan tujuan kita lurus dalam beribadah. Sebaliknya, jika niat kita sudah melenceng, tak ada artinya ibadah umroh yang kita lakukan. Oleh karena itu, hendaknya siapkan hati kita agar senantiasa berniat karena Allah.


       Kedua, pelajari hal-hal yang berkaitan dengan ibadah umroh.

       Tak hanya ibadah haji yang perlu manasik, ibadah umrah juga perlu latihan. Inilah mengapa biasanya setiap travel penyelenggara umroh mengadakan pembekalan ibadah umrah.


       Ketiga, siapkan kesehatan fisik dan mental.

       Mengapa harus siap fisik dan mental? Karena perbedaan cuaca Indonesia dan Arab Saudi sangat ekstrem. Karena itulah, siapkan obat-obatan dan multivitamin selama berada di Arab Saudi. Perhatikan juga asupan nutrisi makananmu.


       Keempat, menabung sejak jauh-jauh hari.

       Ada yang bisa berangkat umroh karena mendapat rezeki "dadakan". Ada pula yang harus berjuang dengan menabung. Bagaimana pun caranya, berangkat umroh menjadi ibadah yang diimpikan oleh umat muslim. Maka, tidak ada salahnya menyiapkan dana sejak jauh-jauh hari, berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.


       Kelima, perhatikan aturan keberangkatan umroh.

       Ada batasan barang yang boleh dibawa oleh jamaah umroh. Banyaknya barang yang dibawa biasanya sesuai aturan tiap travel umroh.


       Keenam, siapkan dokumen lengkap.

       Banyak dokumen yang disiapkan sebelum berangkat umroh, antara lain KTP, surat nikah, paspor, dan surat vaksinasi.


       Ketujuh, ketahui kebiasaan di Arab Saudi.

       "Lain padang lain belalang. Lain lubuk lain ikannya." Beginilah kira-kira peribahasa yang cocok untuk kamu yang sedang berkunjung ke kota/negeri lain. Mempelajari kebiasaan orang di Arab Saudi bisa membuatmu lebih mudah membawa diri dan bisa bersikap dengan baik.


       Kedelapan, pilih paket umroh sesuai kemampuanmu dan travel umroh yang tepercaya.

       Sesuai kemampuan itu artinya sesuai budget/dana yang kamu miliki. Travel umrah biasanya menawarkan berbagai paket umrah dengan harga yang beragam. Salah satu travel yang menawarkan berbagai paket umroh adalah Shafwah Holidays. Travel umroh ini menawarkan berbagai pilihan paket dengan fasilitas yang sesuai budget, dari kategori standar hingga premium.

       Contohnya paket kategori standar adalah jadwal di bulan Agustus dengan budget mulai dari 28 jutaan. Ada juga paket premium yang menawarkan perjalanan tambahan ke Aqsha.


Mengapa Harus Memilih Shafwah Holidays?


       Pertama, proses booking gampang! Cukup klik pilih paket, isi data, pembayaran, lalu berangkat!


       Kedua, semua serbapasti. Jadwalnya pasti tidak berubah, terbangnya pasti, kualitas hotelnya pasti, dan urusan visa pasti! Tak perlu khawatir, Shafwah Holidays sudah memiliki izin PPIU No. 74 Tahun 2020. PPIU adalah Biro Perjalanan Wisata (BPW) yang mendapat izin dari menteri untuk perjalanan ibadah umroh.


      Ketiga, selain beribadah, jamaah umroh juga diajak menyusuri kota Thaif (Citi Tour Thaif). Thaif merupakan satu kota di Arab Saudi yang terkenal berhawa sejuk.


       Nah, sekarang sudah tidak perlu bingung lagi memilih travel umroh yang tepercaya. Yuk, mulai menabung dari sekarang! Menabung sedikit demi sedikit, lama-lama terkumpul uang puluhan juta. Jangan lupa, pilihlah Shafwah Holidays sebagai travel umrohmu!


16 komentar:

  1. Semoga bisa segera..aamiin..

    BalasHapus
  2. Persiapan brangkat umroh memang harus dari jauh2 hari, khususnya persiapan dana dan hatinya ya. Smoga bisa brangkat umroh. Aamiin

    BalasHapus
  3. Doaku yang semoga diijabah nih mbak, pengen ziarah ke tanah suci, aamiin

    BalasHapus
  4. jaman sekarang memang harus tepat memilih travel umroh, sebab banyak sekali yang tidak bertanggung jawab hingga merugikan jamaahnya, namun saya tetap berdoa semoga tidak terjadi di tempat lainnya

    BalasHapus
  5. Perlu banget persiapan fisik yaa. Krn kalau ke tanah suci utk ibadah perlu fisik yang liat. Kita kan kkudu jalan plus lari2 kcil kurleb 4 km

    BalasHapus
  6. Mudah banget ya mbak. Sebenarnya asal ada niat, kesehatan yang cukup dan dana, kita tinggal nentuin mau milih agen perjalanan yang mana biar lebih sat-set.

    BalasHapus
  7. Semoga tahun ini bisa umroh ya mbak aamiin.
    Memamg kudu banget dibenerin niatnya, bahwa umroh bukan sekadar berwisata ke luar negeri melainkan utk ibadah. Aku jg pengen umroh pertamaku nanti dihandle oleh travel dulu. Pokoknya kudu banget cari travel.profesional dan amanah kek Shafwah Holidays ini yaa

    BalasHapus
  8. Aku percaya perjalanan ibadah umroh/haji itu memang panggilan atas izinNYA. Semoga kita dimudahkan untuk beribadah ke tanah suci
    Setuju dgn poin2nya tentu banyak hal yg harus di persiapkan. Termasuk pemilihan travel nya harus yg terpecaya dan sesuai dengan budget

    BalasHapus
  9. MasyaAllah, tetap semangat dan berprasangka baik kepada Allah SWT, insyaa Allah siapa saja yang membaca artikelnya kak Latifah ini (termasuk daku) dimudahkan untuk beribadah umroh, aamiin 🤲

    BalasHapus
  10. Persiapan umroh yang baik semoga menjadikan ibadah selama di Baitullah mabrur dan semua kemudahan menyertai. Termasuk salah satunya memilih biro umroh terbaik yang berpengalaman seperti Shafwah Holidays.

    BalasHapus
  11. Bonus City Tour-nya sangat menarik. Jarang ada yang memberikan bonus semacam ini meskipun mungkin ada yang melakukannya secara insidental.
    Poin-poin alasan mengapa memilih Safwah Holiday mengingatkan saya pada keinginan terdalam untuk kelak bisa umroh bersama keluarga.

    BalasHapus
  12. Sedang ingin inginnya saya ke Tanah Suci kak,, semoga Allah memanggil untuk bisa kesana

    BalasHapus
  13. Iya bener banget. Pas pandemi yang pengen umroh jadi terkendala. Semoga siapapun yang berniat ke baitullah dipermudah jalannya. Amin

    BalasHapus