Minggu, 23 April 2023

Servis Motor dengan Performa Mesin Seperti Baru

"Kakak minta tolong bawain motornya ke tempat servis. Jadi, pas Kakak pulang dari Cianjur, dia siap pakai," kata suami suatu hari.

Dia pun menjelaskan apa saja yang perlu dicek dan diperbaiki. Aku cuma manggut-manggut sambil menyimak. Punya suami anggota komunitas motor itu siap-siap menyimak ketika dia bercerita tentang motor. Aku yang sama sekali buta soal motor pun jadi tercerahkan. Ya, meskipun perlu beberapa kali menyimak baru aku paham. 😆

Ternyata membawa motor ke tempat servis itu tidak harus menunggu kondisinya rusak, lho. Ya, ibarat badan kita nih, tidak perlu menunggu sakit untuk diperiksa ke dokter, kan? Begitu juga dengan motor. Perlu adanya perawatan secara rutin dan berkala agar performa mesin motor tetap maksimal.

Apa saja bagian dari motor yang perlu diperiksa dan diservis secara rutin dan berkala?

Pertama, lampu dan sakelar lampu.
Lampu pada motor bagian yang penting saat berkendara di jalanan. Selain untuk penerangan, juga untuk penanda ingin belok kiri atau belok kanan. Jika lampu tidak berfungsi, rawan sekali terjadi kecelakaan. Inilah mengapa penting sekali perawatan dan pengecekan fungsi lampu pada motor.

Kedua, sistem kemudi.
Keseimbangan stang akan membuat nyaman pengendara motor. Karena itulah, harus secara berkala mengecek sistem kemudi pada motor yang meliputi komstir, engine monting, dan bearing roda.

Ketiga, sistem pengereman.
Bagian yang sangat vital saat berkendara adalah rem yang berfungsi baik. Bagian rem meliputi kanvas rem, minyak rem, dan kaliver.

Keempat, ban dan tekanan angin.
Ban yang sudah mulai gundul sangat berbahaya bagi pengendara motor, khususnya saat melintasi jalanan yang licin. Tekanan angin pada ban juga harus benar-benar pas. Jika ban terlalu kempes, motor pun terasa lebih berat dan penggunaan bensin menjadi boros.

Kelima, oli mesin.

sumber: planetban.com


Fungsi oli mesin adalah untuk merawat dan menjaga kinerja mesin agar bertahan lama. Oli mesin dicek secara berkala tidak hanya saat sering digunakan, tapi juga saat dalam kondisi jarang digunakan. Biasanya pergantian oli dilakukan setelah motor melakukan total perjalanan sejauh 2.500 km.

Namun, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000 km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi, ya wajar sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oli tertinggi di kelas oli.

Keenam, oli gardan.
Jenis motor yang wajib rutin mengganti oli gardan adalah motor matic. Penggantian oli gardan dilakukan setelah dua kali penggantian oli mesin atau ketika motor sudah menempuh jarak sekitar 8.000 km.

Ketujuh, rantai dan gear.
Tanda rantai sudah harus diservis adalah kendor. Tanda gear yang harus diperbaiki adalah sudah tidak lancip lagi.

Kedelapan, filter udara.
Ruang pembakaran perlu dijaga kebersihannya agar jangan sampai kotoran masuk. Ini bisa membuat kerusakan pada karburator dan sistem injeksi. Cara mencegah kotoran masuk ke ruang pembakaran adalah dengan melakukan perawatan rutin filter udara.

Kesembilan, aki.
Yang harus diperiksa adalah tegangan pada aki. Saat motor dalam kondisi mati, tegangan aki sekitar 12,3-12,6 Volt. Saat mesin menyala, tegangan aki sekitar 13,7-14,2 Volt. Tegangan yang tidak sesuai standar tersebut akan membuat kebocoran dan karat pada aki. Jika sudah begini, aki pun harus segera diganti.

Kesepuluh, tune up motor secara rutin.
Pemeriksaan komponen motor secara rutin mencakup pemeriksaan karburator,  lampu, tekanan ban, fungsi rem, klakson, dan rantai. Selain itu, ada pula penggantian oli mesin, oli gardan, dan sparepart lainnya. Biasanya saat kamu melakukan servis motor, mekanik akan menyampaikan apa saja yang perlu diganti. Penggantian sparepart dilakukan jika kamu setuju.

Kesebelas, kabel gas dan kopling.
Bagi motor bermesin manual, kondisi kabel gas dan kopling harus rutin diperiksa. Kabel gas dan kopling yang sudah rusak harus segera diservis.


Inilah Bengkel Servis Motor Andalanmu!

Kamu ingin melakukan perawatan dan perbaikan motormu? Nah, tentu saja kamu harus benar-benar memilih bengkel motor yang tepat agar hasil servisnya memuaskan. Ada satu bengkel yang melakukan perawatan dan servis secara maksimal. Namanya Planet Ban. Setelah servis di Planet Ban, mesin motormu yang lama akan terasa baru lagi. Dengan kata lain, barang lama rasa baru alias servis motor rasa mesin baru.

Inilah yang menjadi andalan Planet Ban, yaitu membuat mesin lamamu terasa baru performa dan ketahanannya. Tidak jauh beda dengan mesin yang baru digunakan. Bagaimana soal biaya servis? Tenang, biaya perawatan dan servis maksimal ini terjangkau. Pengerjaannya pun dikenal sangat cepat. Ketika melakukan perawatan dan servis motor, Planet Ban memeriksa bagian mesin yang jarang disentuh saat diservis. Selain itu, ada beberapa faktor juga nih sehingga servis motor di Planet Ban menghasilkan performa mesin seperti baru:

Pertama, kualitas oli sangat terjamin dan berteknologi tinggi. Oleh karena itulah mesin motor menjadi tahan lama.

Kedua, setelah perawatan dan perbaikan, motor terasa lebih nyaman dipakai karena dipadukan dengan sparepart asli.

Ketiga, tidak perlu sering-sering ganti oli. Ganti oli dilakukan selama 4-6 bulan sekali saja atau sekitar 5.000 km perjalanan.

Keempat, karena olinya berkualitas tinggi, asap knalpot pun tidak terlalu membuat polusi. Kamu pun bisa turut menjaga kebersihan lingkungan.


Masih Bingung? Ini Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Servis Motor Lainnya:

Planet Ban sangat memperhatikan kebersihan mesin saat perawatan. Tidak ada debu, kotoran, maupun sisa pembakaran di bagian mesin motor. Tahukah kamu, kotoran-kotoran tersebut akan membuat mesin motor terasa lebih berat saat digunakan. Seluruh bagian mesin motor sampai yang di sudut sekalipun tak luput dari perhatian Planet Ban. Blok CVT, klep mesin, piston, kepala silinder, dan throttle body bersih sekali seperti baru. Manfaatnya apa, sih, dengan mesin motor yang sangat bersih ini? Manfaatnya adalah penggunaan BBM menjadi lebih hemat, tarikan lebih enteng, dan emisi turun lebih dari 70%.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, "Apa biaya di Planet Ban mahal?"
Oh tidak, biayanya sangat terjangkau. Sebagai contoh, servis motor injeksi cuma 20.000 Rupiah, servis throttle body cuma 20.000 Rupiah, serta servis CVT dan rantainya cuma 19.500 Rupiah. Sangat hemat bukan?

Apakah sudah berbulan-bulan motormu tidak dirawat dan diservis? Nah, sebaiknya segera lakukan perawatan motor ya agar performa motormu maksimal. Ingin servis motor rasa mesin baru? Bawa saja motormu ke Planet Ban!

7 komentar:

  1. Aku pernah nih lupa g ganti oli..habis itu macet dan jadinya turun mesin..sad 😟

    BalasHapus
  2. Betul beud. Memang harus rutin ngecek kondisi motor biar enak dipakenya.

    BalasHapus
  3. Iyaa setuju Mba punya motor harus rajin dicek demi keselamatan dan kenyamanan berkendara ya kan. Kadang kalo naik ojek suka ngerasain kurang nyaman saat di jalan langsung aku bilang ke drivernya, pak jangan lupa service motor yaa :D. Btw makasih informasinya Mba

    BalasHapus
  4. cocok ini, aku biasanya kalau ganti oli 4 bulan sekali dah masuk KMnya

    BalasHapus
  5. Kalau yang paling sering kujumpai orang lalai dengan busi motornya.

    BalasHapus
  6. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    BalasHapus
  7. MasyaAllah jadi semakin semangat utk nabung dan melakukan persiapan lainnya serta terus berdoa semoga segera bisa ibadah umroh. Terima kasih Mba sharingnya, jadi tambah semangat :)

    BalasHapus