Sabtu, 07 November 2020

Siapa AIDA?


"AIDA itu siapa? Teman si Aina? Saudara si Ainun?"

Woi, namaku yang terakhir tuh! 😂

AIDA itu singkatan dari Attention, Interest, Desire, & Action. Ini semacam rumus dalam copywriting yang berhubungan dengan dunia marketing.

"Waduh, menulis pun pakai rumus. Kayak matematika aja."

Rumus di sini artinya panduan biar apa yang kita tulis sesuai tujuan. Tujuan copywriting adalah memikat pembeli dengan kata-kata. Pikatlah pembaca dengan kata-kata sebab pembaca adalah calon pembeli jualan Anda. Begitulah tugas seorang copywriter.

Kenapa copywriting di dunia bisnis itu penting saat sekarang? Kata-kata dalam tulisan menghiasi berbagai media sosial dan dunia website. Zaman sekarang, marketing tidak hanya lewat lisan, tapi juga tulisan. Instagram dengan caption-nya. Facebook dengan statusnya. Twitter dengan twitnya. Blog dengan artikelnya.

Profesi copywriter sangat diperlukan dalam dunia usaha yang sekarang serbadigital dan online. Ditambah lagi masa pandemi begini. Perusahaan-perusahaan yang sebelumnya fokus ke offline saja, sekarang mulai menguatkan marketing online. Profesi copywriter salah satu profesi yang dicari perusahaan.

Yuk, dibahas satu per satu!

Attention atau perhatian. Tahap pertama dalam penulisan copywriting adalah menarik perhatian pembaca atau calon pembeli. Attention ini terletak di judul, kalimat pertama, dan ilustrasi (foto) pendukung. Tentukan judul yang sesuai dengan jenis produk. Buatlah kalimat pertama atau kalimat pembuka yang membuat pembaca penasaran. Kalimat pertama yang bagus akan membuat pembaca melanjutkan tulisan hingga akhir.

Contoh:
- Perlu bersih-bersih rumah, tapi lagi sibuk dengan deadline?

Interest atau menarik minat. Tahap kedua adalah memikat keinginan si calon pembeli. Sebelumnya perhatian, selanjutnya keinginan. Artinya, tulislah beberapa kalimat yang membuat pembaca memiliki keinginan untuk membeli. Caranya dengan menambahkan nama produk dan alasan produk harus dibeli. Tambahkan juga fakta dan data yang tepat. Tulislah sesuatu yang tidak berlebihan. Misalnya, produk itu bisa menghilangkan jerawat selama 2 minggu, maka tulislah 2 minggu. Bukan malah menulis 2 hari.

Contoh:
- Hanya perlu satu jam. Rumahmu sudah bersih dan nyaman dengan menggunakan jasa CepatBersih.

Desire adalah lanjutan dari interest.  Sudah ada keinginan nih di tahap interest. Selanjutnya membuat pembaca pengin banget membelinya. Di sini reaksi pembaca seperti berkata, "Wah, bagus nih barang!"
Gunakan kesempatan ini dengan membuat kalimat-kalimat yang penuh kepercayaan dan meyakinkan bahwa produk jasa aman dan tepat.

Contoh:
- Kami berkerja sama dengan mitra yang berpengalaman, dapat dipercaya, dan sudah bersertifikat.

Terakhir, Action. Inilah tahap pamungkas. Buatlah kalimat ajakan untuk menggunakan produk atau jasa.

Contoh:
- Ayo hubungi tim CepatBersih sekarang! Kami siap membersihkan rumahmu hingga fresh, bersih, dan nyaman.

Bagaimana? Tertarik dengan dunia copywriting? Siapa pun yang bergelut di bidang kepenulisan bisa menjadi copywriter. Yang terpenting, mengenal target pembaca atau calon pembeli, gunakan bahasa sesuai target pembaca, memahami produk yang dipromosikan, serta pahami rumus AIDA di atas.

Jogja, 051120

12 komentar:

  1. Sanhgat bermanfaat. Meski orang memandang sepele, tetapi jika diterapkan dengan benar, menulis jadi terasa lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  2. Makasih banget kak jadi ngingetin pas belajar copywriting nih, sampai sekarang pun masih belajar karena belum bisa merangkai yang pas untuk promosi

    BalasHapus
  3. Jadi kita harus benar-benar memahami siapa saja target pembaca kita ya mbak, dari sana kita bisa membuat tulisan yang sesuai dengan minat target kita. AKu masih perlu banyak banget belajar nih.

    BalasHapus
  4. Menulis aja ada aturannya ya, makanya orang yg mau terjun sebagai blogger harus banyak belajar soal aturan menulis. Hal sepele tapi kalo diterapkan akan lebih bikin tulisan bagus

    BalasHapus
  5. Reminder nih buat aq yg msh perlu bnyk belajar. Jgn k sampingkan hal2 yg sepele ya, malah bs jd buat tuisannkita lbh bagus . Thanks sharingnya 🙏

    BalasHapus
  6. Akh tulisan singkat tapi jadi pengingat ya . Saya masih belajar terus nih menulis kak

    BalasHapus
  7. Pernah denger mengenai AIDA ini. Dulu jaman kuliah kalau di organisasi yang isinya anak sastra pasti nyuruh anggotanya buat nulis, nah disitu ada bagian interest dll yang harus dimiliki penulis. Cucok juga lah bagi kita2 para blogger :)

    BalasHapus
  8. Penjelasannya singkat jelas dan padat nih tentang AIDA. Berguna banget nih mbak buat aku ngantor. Kebetulan lagi dapet role content writer, makanan tiap hari banget bikin wording visual dan caption. Thank you.

    BalasHapus
  9. Perlu banget sih kita sebagai penulis tau cara penulisan benar itu seperti apa biar enak di baca juga , aku termasuk baru dalam dunia ini tapi semngat ku ttep ingin selalu belajar , karna puas pun tidak cukup 🤗 ini penjelasnanya singkat jelas dan bisa difahami kak🤗😍

    BalasHapus
  10. Rumus AIDA ini sangat bermanfaat ya untuk penulis konten juga, karena bisa langsung tepat sasaran terhadap produk yang akan dipasarkan

    BalasHapus
  11. Copywriting salah satu poin yang cukup penting dalam dunia bisnis dimana dalam penggunaan teknik ini mampu mempengaruhi para konsumen bukan lagi ingin tetapi tertarik serta membeli produk yang dijual
    Dan untuh memahami secara keseluruhan perlu skill yang mumpuni

    BalasHapus
  12. Aida versus lazy yang bahaya ya ka kalo udah mager bye aida.

    BalasHapus